3 Golongan bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar (ISD)


Ilmu sosial dasar adalah ilmu yang didefinisikan berdasarkan suatu nilai dalam kependudukan yang bertempat di satu Negara yang bisa menilai, menyimpulkan, dan juga menganalasis suatu permasalahan yang ada di sekitarnya dengan bersosialisai. Akan tetapi juga masih menggunakan suatu nilai yang  penting dalam ilmu sosial dasar yaitu fakta, konsep, dan teori nilai tersebut semua diambil dari sejarah, ekonomi, geografi sosial ,sosiologi, antropologi, psykologi sosial.Di berbagai masalah pasti ada jalan keluarnya entah bagaimana caranya pasti ada saja yang menemukannya, dari melihat adanya fakta, analisis bermula suatu permasalahan, sampai cara berunding pun bisa mengatasi masalahnya. Di atas adalah sedikit penjelasan dari Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan dari beberapa sumber saya menemukan 3 golongan bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar yaitu:

A.Konsep - konsep sosial dibatasi pada Konsep Dasar atau Elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah - masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.

B. Masalah - masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai   kenyataan - kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lain saling berketerkaitan.

C. Kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat secara bersama - sama merupakan masalah sosial tertentu.Kenyataan - kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli Ilmu - Ilmu Sosial, oleh karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan Interdisiplin/Multidisiplin.

Sumber:

Komentar

Postingan Populer